PENGELOLAAN GERAKAN KEMBALI BERSEKOLAH (GKB) PADA PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM TRIMULYA PRATAMA


Mufarohah, 0102518001 (2022) PENGELOLAAN GERAKAN KEMBALI BERSEKOLAH (GKB) PADA PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM TRIMULYA PRATAMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) merupakan Program inovasi Pemerintah Kabupaten Brebes yang bertujuan mengembalikan Anak Tidak Sekolah (ATS) dan Dewasa Tidak sekolah (DTS) yang putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikan hingga setara lulus SMA atau wajib belajar 12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan GKB pada pendidikan kesetaraan di PKBM Trimulya Pratama Kabupaten Brebes menggunakan teori manajemen POAC yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controling (Pengawasan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif (qualitative research) dengan desain studi kasus (case study design). Perolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber informasi diperoleh dari Pengelola PKBM, Kordinator tutor, Tutor, Peserta Didik dan Walimurid. Untuk keabsahan data digunakan Triangulasi sumber, Triangulasi metode dan Triangulasi waktu. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah ATS dan DTS dengan permasalahan yang melatarbelakangi mereka menjadi putus sekolah lebih tepat dikembalikan bersekolah di satuan pendidikan nonformal PKBM yang merupakan pengganti, pelengkap dan penambah dari pendidikan formal. Permasalahan pengelolaan program GKB yang muncul dapat diuraikan dengan penerapan fungsi POAC yang berefek pada mudahnya mencari benang merah untuk mengatasi hambatan dan menemukan peluang dalam mensukseskan program GKB di PKBM Trimulya Pratama Kabupaten Brebes. Kesimpulan bahwa pengelolaan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di PKBM Trimulya Pratama telah menerapkan manajemen POAC dan dapat mencapai hasil yang diharapkan, yaitu semakin banyaknya jumlah ATS dan DTS yang melanjutkan pendidikan melalui Program GKB dan lulus melalui program kesetaraan Paket A, Paket B, maupun Paket C sehingga berdampak pada berkurangnya jumlah angka putus sekolah dan diharapkan akan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kabupaten Brebes dibidang Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), Anak Tidak Sekolah (ATS), Dewasa Tidak Sekolah (DTS), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pendidikan Nonformal, Pendidikan Kesetaraan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:59
Last Modified: 15 Jan 2024 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61244

Actions (login required)

View Item View Item