HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TLOGOWUNGUKABUPATEN PATI


Miladia Isnaini Milhatu Rofi’, 1401418360 (2022) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TLOGOWUNGUKABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Belajar adalah suatu usaha yang dilakukan setiap individu. Tujuan pendidikan diukur pada hasil belajar yang didapatkan. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya disiplin belajar dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati; (2) menguji hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati; (3) menguji hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebanyak 122 siswa. Pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dan hasil belajar PPKn sebesar rhitung 0,646 > rtabel 0,195 serta berkontribusi sebesar 41,7%; (2) terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar PPKn sebesar rhitung 0,526 > rtabel 0,195 dengan kontribusi sebesar 27,6%; (3) terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar rhitung 0,778 > rtabel 0,195 dengan kontribusi sebesar 60,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Saran penelitian ini yaitu bagi semua pihak baik sekolah, guru, dan orang tua agar lebih memantau anak agar hasil belajar di sekolah lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:53
Last Modified: 15 Jan 2024 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61243

Actions (login required)

View Item View Item