PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V SDN 1 KUNDEN KABUPATEN BLORA


Yuli Elvira Astriningtyas, 1401418226 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V SDN 1 KUNDEN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Siswa kelas V SDN 1 Kunden kurang memahami materi mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada teks nonfiksi. Hasil belajar siswa terdapat 18 siswa (60%) tidak tuntas dan 12 siswa (40%) tuntas. Penyebabnya adalah media pembelajaran yang dipakai guru tidak efektif digunakan, karena hanya menggunakan media konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan metode penelitian Borg and Gall melalui pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kunden di Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data awal dengan uji normalitas (Liliefors) dan uji homogenitas serta analisis data akhir melalui uji t-test dan uji n�gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook digital dapat dikembangkan, layak digunakan serta efektif peningkatan keterampilan hasil belajar. Dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi dengan persentase 94% dengan kategori sangat layak. Siswa dan guru memberikan tanggapan yang positif dengan persentase 100%. Berdasarkan uji t-test dengan hasil thitung < ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. serta uji n-gain pada uji coba kelompok kecil sebesar 0, 812586311, dan pada uji coba kelompok besar sebesar 0,798418306 sehingga dikatakan efektif digunakan. Simpulan penelitian ini adalah media flipbook digital berhasil dikembangkan, sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk peningkatan keterampilan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Kunden di Kabupaten Blora. Saran peneliti adalah dalam mengembangkan media flipbook digital pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dapat dijadikan inovasi baru yang lebih menarik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flipbook digital, media pembelajaran, membaca pemahaman, teks nonfiksi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:46
Last Modified: 15 Jan 2024 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61240

Actions (login required)

View Item View Item