MANAJEMEN BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) BERBASIS KARAKTER (Studi Kasus di SDIT Nurul Islam Tengaran Kab. Semarang)


Sutrimo, 0102518022 (2022) MANAJEMEN BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) BERBASIS KARAKTER (Studi Kasus di SDIT Nurul Islam Tengaran Kab. Semarang). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembinaan nilai-nilai karakter disekolah menjadi barometer keberhasilan pendidikan karakter. SDIT Nurul Islam Tengaran adalah salah satu dari sekolah islam yang mengedepankan nilai-nilai karakter islami dengan program Bina Pribadi Islami (BPI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari kegiatan pembelajaran BPI di SDIT Nurul Islam Tengaran. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk studi kasus. Perolehan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu hasil penelitian akan di jabarkan kedalam kata-kata sehingga peniliti dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara mendalam sesuai dengan keadaan aktual di lapangan. Hasil penelitian di SDIT Nurul Islam Tengaran menunjukan bahwa manajemen BPI berbasis pendidikan karakter meliputi: (1) perencanaan dengan tahapan proses: penetapan tim BPI dari unsur guru kelas dan guru mata pelajaran, penyusunan SOP BPI dalam pembelajaran, penyusunan jadwal moda daring, blended dan luring, strategi pelaksanaan BPI dan penentuan materi BPI sesuai dengan SKL JSIT Indonesia (2) pelaksanaan berupa: sosisalisasi program BPI guru, siswa dan orangtua dan strategi yang bervariasi selama pandemik dan (3) evaluasi berupa: Evaluasi proses dan evalasi hasil

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Budaya Sekolah, Pelaksanaan, Evaluasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:41
Last Modified: 15 Jan 2024 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61239

Actions (login required)

View Item View Item