STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN NEW NORMAL KELAS IV SDN GENTING 01 KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG


Cicik Munfarida, 1401418186 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN NEW NORMAL KELAS IV SDN GENTING 01 KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Guru berperan penting dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan berbagai kompetensi, dapat mengatur dan mengelola kelas. Guru tidak hanya mengelola kelas untuk pembelajaran, tetapi guru di sekolah perlu adanya organisasi di dalamnya. Pengelolaan kelas yang dilaksanakan secara baik maka akan mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih bermutu. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran new normal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran new normal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas IV, serta peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, form catatan lapangan dan angket. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing and verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memahami tentang pentingnya mengelola kelas. Hal tersebut dibuktikan dengan penerapan berbagai aspek dari mengelola kelas. Guru kelas IV dalam pelaksanaanya telah menerapkan tiga kegiatan inti yaitu menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat, mengatur ruang belajar dan mengelola interaksi belajar. Dari hasil penelitian hambatan yang dihadapi guru kurangnya kesiapan peserta didik dalam pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung yang mendukung meliputi faktor lingkungan dan faktor peserta didik. Simpulan penelitian bahwa secara keseluruhan guru telah mengelola kelas pada pembelajaran new normal dengan memperhatikan aspek manajemen kelas yang meliputi menciptakan iklim belajar, mengatur ruang belajar dan mengelola interaksi belajar mengajar. Guru hendaknya melakukan perubahan formasi tempat duduk peserta didik dan menggunakan media pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mengelola Kelas, New Normal, Pembelajaran, Strategi Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:39
Last Modified: 15 Jan 2024 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61238

Actions (login required)

View Item View Item