IMPLEMENTASI REWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IVB SD NEGERI GEMOLONG 01 KABUPATEN SRAGEN


Indriyani Khotijah Sri Rejeki, 1401418185 (2022) IMPLEMENTASI REWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IVB SD NEGERI GEMOLONG 01 KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar sangat penting dalam proses belajar siswa, karena berfungsi sebagai pendorong, penggerak dan pengarah dalam kegiatan belajar. Salah satu cara yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan menerapkan reward and punishment. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peahaman guru mengenai reward and punishment dan bagaimana penerapan reward and punishment dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan reward and punishment dalam pembelajaran: (1) Perencanaan, mengenai pemahaman guru tentang reward and punishment; (2) Pelaksanaan, mengenai bentuk serta cara penggunaan reward and punishment; dan (4) Evaluasi, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan reward and punishment. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala SD Negeri Gemolong 01, guru kelas IVB, dan siswa kelas IVB. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IVB memahami dengan baik mengenai reward and punishment sehingga dapat menerapkan bentuk reward and punishment yang bervariasi dan sesuai prinsip-prinsip penggunaan reward and punishment yang dikemukakan para ahli. Dukungan kepala sekolah serta respon positif siswa menjadi faktor pendukung bagi guru dalam menerapkan reward and punishment. Sementara, adanya COVID-19 dan karakter siswa yang berbeda-beda menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menerapkan reward and punishment. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru kelas IVB telah menerapkan reward and punishment dalam pembelajaran dengan baik. Namun, guru perlu menyusun rancangan pemberian reward and punishment pada setiap pertemuan, menerapkan bentuk reward and punishment yang lebih variatif dapat memberikan dampak yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Punishment, Reward
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:32
Last Modified: 15 Jan 2024 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61235

Actions (login required)

View Item View Item