ANALISIS KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ABAD 21
Qowi Handiko, 0102518037 (2022) ANALISIS KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN ABAD 21. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
![]() |
PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan abad 21 menjadi isu bersama dalam konteks pengelolaan pembelajaran untuk menghasilkan kualitas peserta didik yang unggul. Peserta didik yang hidup di abad 21 tidak cukup hanya menguasai materi pembelajaran atau pengetahuan saja karena sikap dan keterampilan ikut berperan dalam menghasilkan peserta didik unggul. Sikap, pengetahuan dan keterampilan merupakan komponen penting yang dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan. Tantangan pembelajaran abad 21 dan perubahan kurikulum menuntut guru memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran baik perencanaan, kegiatan pembelajaran maupun penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru, menganalisis faktor penghambat dan pendukung kinerja guru, dan menganalisis solusi faktor penghambat kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptiif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif yang diperoleh dari hasil analisis enam orang guru coordinator kelompok peserta pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah di Kabupaten Jepara Tahun 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa (1) kinerja 35 guru dalam pengelolaan pembelajaran abad 21 sudah baik. (2) Faktor pendukung kinerja 20 (57,14%) guru dipengaruhi oleh kompetensi, 10 (28,58%) guru dipengaruhi oleh motivasi, dan 5 (14,28%) guru karena pola komunikasi dan hubungan yang baik dengan rekan kerja. Faktor penghambat kinerja guru terdiri dari: 25 (71,42%) guru disebabkan kurangnya sarana dan prasarana pendukung, 6 (17,14%) guru dipengaruhi kepemimpinan kepala madrasah, 2 (5,72%) guru disebabkan faktor motivasi, 2 (5,72%) guru karena faktor kompetensi guru. (3) Solusi untuk menyelesaikan faktor penghambat kinerja guru yaitu dengan pemenuhan sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar di madrasah dan peningkatan peran kepala madrasah sebagai supervisor dan leader. Simpulan penelitian adalah kinerja guru dalam peneglolaan pembelajaran abad 21 sudah baik, faktor pendukung kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi dan motivasi sedangkan faktor penghambat kinerja guru disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana pendukung. Saran yang dapat diberikan adalah madrasah melengkapi sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran dan peningkatan peran dan tugas pokok dan fungsi kepala madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kinerja Guru, Pengelolaan Pembelajaran Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Career Guidance Services |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:30 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |