KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PADA ERA NEW NORMAL KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP


Refi Nur Ajizah, 0102518040 (2022) KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PADA ERA NEW NORMAL KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menghadapi kondisi pandemi covid-19, kinerja guru Sekolah Dasar pada era new normal dinilai menurun karena proses pelaksanaan pembelajaran yang kurang optimal sehingga kualitas pendidikan juga menurun. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja guru berdasarkan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Perolehan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data pada penelitian ini meliputi kepala sekolah dan guru. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu hasil penelitian akan dijabarkan kedalam kata-kata sehingga peniliti dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara mendalam sesuai dengan keadaan aktual di lapangan. Hasil penelitian mengenai kinerja guru meliputi: (1) Aspek Perencanaan Pembelajaran: Dari 34 guru ada 58% guru yang dapat menyusun dan membuat program tahunan, program semester, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mandiri sedangkan 42% guru lainnya masih mendapatkan bantuan dari sesama guru dan Kepala Sekolah serta mengambil referensi dari internet. (2) Aspek Pelaksanaan Pembelajaran: metode dan strategi pembelajaran serta penyampaian materi menggunakan sistem pembelajaran luring dan daring dengan pembagian waktu 50% luring dan 50% daring juga mengikutsertakan orangtua dalam pelaksanaan pembelajaran, Handphone dan PC Laptop sebagai media belajar dan sumber belajar menggunakan buku Paket, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Website. (3) Aspek Evaluasi Pembelajaran: guru melakukan pendekatan sistem. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu formatif dan sumatif. Alat-alat evaluasi menggunakan tes; tes objektif (tes pilihan alternatif, tes pilihan ganda, tes menjodohkan, tes benar dan salah), tes bentuk uraian (uraian terbatas dan uraian bebas) dan non tes yaitu afeksi, psikomotorik dan lainnya. Pengolahan dan penggunaan hasil evaluasi formatif dan sumatif digunakan dalam bahan untuk memberikan laporan kepada berbagai pihak, penentuan kenaikan kelas, dan penentuan lulus tidaknya peserta didik. Kesimpulannya bahwa kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gandrungmangu pada era new normal belum optimal . Sarannya adalah guru harus selalu meng upgrade diri dan meng update informasi agar lebih mandiri dan lebih maksimal dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, New Normal
Subjects: L Education > L Education (General) > Full Day School
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:24
Last Modified: 15 Jan 2024 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61232

Actions (login required)

View Item View Item