Pengembangan Modul Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Canva pada Muatan IPA Materi Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang


Silvia Kusuma Dewi, 1401418082 (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Canva pada Muatan IPA Materi Benda Tunggal dan Campuran Kelas V SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini dari hasil wawancara dan dokumentasi adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang dengan persentase 65% belum memenuhi KKM dan 35% sudah memenuhi KKM dengan jumlah seluruh peserta didik 40 orang. Hal ini dapat terjadi karena bahan ajar belum optimal sehingga, peserta didik dalam memahami materi dan belum berbasis teknologi. Berdasarkan permasalahan tersebut peniliti bertujuan mengembangkan modul pembelajaran model discovery learning berbasis canva untuk kelas V SDN Purwoyoso 04 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Borg and Gall. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas V SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan presentase 86% dari ahli materi dan 85,75% dari ahli Bahasa 82,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji skala besar uji T-test diperoleh thitung sebesar 24,527 ttabel 2,034 hasil belajar IPA mengalami peningkatan. Selain itu, dari hasil uji N-gain menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest dari 34 peserta didik memperoleh 0,62 dan presetase 62% yang masuk dalam kategori sedang dan cukup efektif sehingga Modul Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Canva dapat digunakan dalam meningkatakan hasil belajar materi IPA benda tunggal dan campuran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: canva, discovery learning, modul pembelajaran IPA SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:36
Last Modified: 15 Jan 2024 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61229

Actions (login required)

View Item View Item