KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS MANGKUYUDAN PONCOWARNO KEBUMEN


Dwi Retnoningsih, 1401415403 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LITERASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS MANGKUYUDAN PONCOWARNO KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan masalah mengenai rendahnya nilai PAS matematika semester II kelas IV di SDN Gugus Mangkuyudan yaitu 42,68% siswa tidak tuntas KKM. Hal ini disebabkan karena guru menerapkan model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara langsung selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PBL berbasis literasi matematis dibandingkan dengan model PjBL berbasis literasi matematis dan model pembelajaran mirip dengan DI sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Mangkuyudan Poncowarno Kebumen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan Nonequeivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Poncowarno (Kelas Eksperimen I) dan SDN Jatipurus (Kelas Eksperimen II) dan SDN Blater (Kelas Kontrol) dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes uraian. Hasil penelitian menggunakan data nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model PBL berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 83,75 dan rata-rata kelas kontrol 69,58. Hasil uji t menunjukkan thitung (7,14) > ttabel (1,71); (2) model PjBL berbasis literasi matematis (eksperimen II) lebih efektif dari kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen II sebesar 81,50 dan rata-rata kelas kontrol 69,58. Hasil uji t menunjukkan thitung (5,77) > ttabel (1,70); (3) model PBL berbasis literasi matematis (eksperimen I) lebih efektif dari model PjBL berbasis literasi matematis. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen I sebesar 83,75 dan rata-rata kelas eksperimen II sebesar 81,50. Hasil uji t menunjukkan thitung (1,85) > ttabel (1,70). Kemudian dari hasil uji N-gain diperoleh rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,68; pada kelas eksperimen II sebesar 0,61 dan pada kelas kontrol rata-rata N-gain sebesar 0,40 sehingga peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen I dan eksperimen II adalah lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL Berbasis Literasi Matematis lebih efektif daripada model PjBL Berbasis Literasi Matematis maupun kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, hasil belajar matematika, keefektifan, literasi matematis, PjBL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:29
Last Modified: 15 Jan 2024 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61228

Actions (login required)

View Item View Item