EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SIMA’AN AL-QUR’AN SANTRI PONPES ASSABIILA SEMARANG


Novia Rizqi Uli Ni’mah, 1301418015 (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SIMA’AN AL-QUR’AN SANTRI PONPES ASSABIILA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena tingginya tingkat kecemasan pada santri ketika melaksanakan sima’an Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam mereduksi kecemasan sima’an Al-Qur’an santri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel yang digunakan berjumlah 6 dari 40 santri yang mengikuti pretest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kecemasan sima’an dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik nonparametrik dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan santri sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif mengalami penurunan rata-rata sebesar 23,87% dari hasil awal pretest rata-rata kecemasan santri sebesar 75,47% menjadi 51,60% (menjadi tidak cemas saat post-test). Selain itu, diperoleh data dari hasil uji wilcoxon yaitu nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,028 < 0,050 maka hipotesis penelitian diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif terbukti efektif untuk mereduksi kecemasan sima’an Al-Qur’an pada santri. Lembaga Pondok Pesantren mengharuskan santrisantrinya untuk mengikuti serangkaian kegiatan wajib yang telah ditetapkan dalam Lembaga guna membentuk karakter dan pencapaian santri dalam belajar dan mengaji. Salah satu kegiatan wajib di Ponpes Assabiila yaitu sima’an Al-Qur’an. Santri yang melaksanakan sima’an Al-Qur’an, cenderung mengalami hambatan karena adanya kecemasan berlebihan yang mereka alami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Restrukturisasi Kognitif, Kecemasan Sima’an Al-Qur’an.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:21
Last Modified: 15 Jan 2024 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61227

Actions (login required)

View Item View Item