Pelaksanaan Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP (Studi di Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang


Satria Ananda Primawan, 3312415016 (2023) Pelaksanaan Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP (Studi di Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pelayanan pembuatan e-KTP adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pelayanan yang baik, cepat dan tidak memperlambat waktu merupakan pelayanan yang sangat diharapkan. Apalagi pelayanan yang menyangkut tentang e-KTP. Mengingat bahwa e-KTP sebagai identitas resmi penduduk warga negara Indonesia. Kecamatan Wonotunggal sebagai salah satu pemerintah daerah mempunyai peranan penting dalam penyelenggaraan pelayanan public. Hal ini dikarenakan kecamatan merupakan penyedia dan penyelenggara pelayanan publik yang paling dekat dengan masyarakat. Peran kecamatan dalam pelaksanaan pelayan publik : (1) Bagaimana pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Wonotunggal dilakukan selama ini ? ; (2) Bagaimana respon masyarakat terhadap layanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Wonotunggal ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP studi kasus di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Sumber data diperoleh dari informan dan dokumentasi atau arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelayanan pembuatan E-KTP di Kecamatan Wonotunggal yang dilakukan selama ini yaitu Pegawai di Kantor Kecamatan Wonotunggal membantu, menyiapkan dan mengurus dalam hal pembuatan e-KTP yang ada di Kantor Kecamatan Wonotunggal; (2) Respon Masyarakat Terhadap Layanan Pembuatan e-KTP di Kantor Kecamatan Wonotunggal yaitu dibagi menjadi dua. Respon Afektif dan Respon Kognitif. Saran yang diberikan penulis adalah (1) Kepada Kecamatan Wonotunggal hendaknya lebih memperhatikan alur proses baik teknis maupun administrasi serta Sarana dan prasarana pembuatan e-ktp alangkah baiknya diperbaiki; (2) Kepadavii Masyarakat Wonotunggal diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di Kantor Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pelayanan Publik, Pembuatan E-KTP, Kecamatan Wonotunggal
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:10
Last Modified: 15 Jan 2024 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61226

Actions (login required)

View Item View Item