PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PETUALANGAN SI BUDI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA SDN NEGERI 02 SEKARAN


Andika Putra Putu Tama, 1102418038 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PETUALANGAN SI BUDI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA SDN NEGERI 02 SEKARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil survei PISA (Program for International Student Assessment) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan matematika, sains, dan membaca Indonesia dinilai masih rendah. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa literasi numerasi dijadikan fokus dalam Standar Kompetensi Lulusan jenjang Sekolah dasar. Menurut Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, yaitu Santi Ambarrukmi, mengatakan bahwa solusi untuk memperbaiki peringkat Indonesia supaya bersaing dengan negara-negara ASEAN yaitu dengan meningkatkan literasi dan numerasi. Salah satu solusi untuk meningkatkannya yaitu dengan media pembelajaran Game edukasi. Dengan memberikan media yang dapat menumbuhkan motivasi belajar khususnya pada literasi numerasi. Berdasarkan analisis peneliti di SDN Sekaran 02 diketahui bahwa masih sedikit media yang dapat meningkatkan belajar pada literasi numerasi siswa. Sehingga menyebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran literasi numerasi. Tujuan penelitian ini antara lain untuk menjelaskan proses pembelajaran menggunakkan pengembangan media game edukasi “Petualangan Si Budi” dalam meningkatkan literesi numerasi di SDN Sekaran 02 dengan menggunakkan model ADDIE.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Media Pembelajaran, Literasi Numerasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:03
Last Modified: 15 Jan 2024 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61222

Actions (login required)

View Item View Item