EVALUASI EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK DAN BERMUKIM DIATAS LAHAN RAWAN BENCANA LONGSOR MENURUT RTRW KOTA SEMARANG (Studi Penelitian : Kecamatan Candisari)


Ratih Nisdit Yanti, 7111415057 (2023) EVALUASI EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK DAN BERMUKIM DIATAS LAHAN RAWAN BENCANA LONGSOR MENURUT RTRW KOTA SEMARANG (Studi Penelitian : Kecamatan Candisari). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesediaan masyarakat untuk membayar sejumlah uang dan seberapa besar nilai Willingness to pay tersebut dalam upaya perbaikan lingkungan permukiman dan upaya mitigasi untuk mencegah dampak maupun kerugian yang lebih besar dan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi masyarakat bersedia untuk membayar sejumlah uang tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Contingent Valuation Method dan Analisis Regresi Berganda Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 43 responden yang ditanya mengenai kesediaan untuk membayar perbaikan kualitas lingkungan hanya 29 responden yang bersedia membayar dan sisanya 14 responden tidak bersedia membayar. Besaran nilai kesediaan membayar pada responden yang bersedia membayar menggunakan teknik open ended yaitu berkisar antara Rp 20.000 – Rp 100.000 per bulan. Setelah dicari rata-rata kesediaan membayar yaitu sebesar Rp. 48.793,10 per bulan.Nilai total WTP dari populasi yaitu jumlah KK di Kecamatan Candisari sebesar Rp 914.517.791 per bulan. Hasil penelitian analisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk membayar di Kecamatan Candisari adalah variabel yang berpengaruh signifikan diantaranya Pendidikan, pendapatan, umlah tanggungan keluarga, dan luas lahan. Sedangkan untuk variabel umur, lama menetap dan status kepemilikan rumah tidak berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan adanya sosialisasi yang diperlukan dalam rangka memberikan kesadaran masyarakat akan pembangunan permukiman yang aman dan nyaman serta penegakan dan penjelasan peraturan-peraturan terkait pendirian bangunan yang tidak sesuai dengan lahan yang diperuntukkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Willingness to pay, valuasi ekonomi, lahan rawan bencana, regresi linier berganda
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:48
Last Modified: 15 Jan 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61219

Actions (login required)

View Item View Item