ANALISIS PERAN SEKTOR BASIS EKONOMI DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2010-2021


Ruly Lutfiana Izzatunisa, 7111418171 (2023) ANALISIS PERAN SEKTOR BASIS EKONOMI DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2010-2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran sektor-sektor basis dalam mengentaskan kemiskinan. Hasil analisis data sektor basis menggunakan analisis Location Quotient (LQ) menunjukkan bahwa tiap Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 10 sektor basis. Dari beberapa sektor tersebut terdapat tiga sektor basis yang berkontribusi besar terhadap PDRB Kabupaten/Kota Provinsi D.I Yogyakarta yaitu 1). Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, 2) Penyediaan Akomodasi Makan Minum dan 3) Jasa Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Location Quotient dan Regresi Data Panel dengan model terbaik yaitu fixed effect model. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari software Eviews 9.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap model regresi data panel menunjukkan bahwa sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan dan Penyediaan Akomodasi Makan Minum berpengaruh negative signifikan terhadap pengentasan kemiskinan. Sedangkan Jasa Pendidikan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pengentasan kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya penduduk miskin akan mengakibatkan lambatnya perkembangan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sektor Basis, Location Quotient (LQ), Kemiskinan, Panel
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:42
Last Modified: 15 Jan 2024 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61217

Actions (login required)

View Item View Item