PENGEMBANGAN MATERI UJI KOMPETENSI SKEMA SERTIFIKASI LEVEL 2 BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Edy Setyawan, 0501518008 (2022) PENGEMBANGAN MATERI UJI KOMPETENSI SKEMA SERTIFIKASI LEVEL 2 BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 0501518008_Edy Setyawan.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Daya saing sebuah bangsa terletak pada sumber daya manusia. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan vokasi yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepada peserta untuk di persiapkan tenaga terampil siap kerja dengan sertifikat kompetensi sebagai pengakuan. Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa sertifikat kompetensi diberikan kepada peserta sebagai pengakuan terhadap kompetensi. Penyelenggara uji kompetensi adalah satuan pendidikan yang terakreditasi atau Lembaga sertifikasi Profesi. Pemilihan skema sertifikasi level II yang tepat dapat meningkatkan kompetensi lulusan. Tujuan Penelitian ini menyederhanakan skema Sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 unit dalam media website dengan menguji kefektifan pencapaian kompetensi lulusan melalui eksperimen dengan membandingkan penggunaan media website dengan skema Sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 ujit yang tidak menggunakan media website dengan skema sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 unit pada siswa kelas XII TKR di SMK Negeri 1 Semarang. Desain penelitian ini menggunakan pengembangan R and D yang dipilih adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian terhadap media website skema Sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 unit; dan angket untuk mengukur kompetensi lulusan siswa kelas XII TKR di SMK Negeri 1 Semarang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kategorial untuk menentukan tingkat kelayakan media website skema Sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 unit; dan N-Gain dan uji beda N-Gain menggunakan uji t, untuk menentukan kefektifan media website skema Sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 unit terhadap kompetensi lulusan. Berdasarkan uji kelayakan dan uji keefektifan media website skema Sertifikasi Level II dari 7 klaster menjadi 40 unit yang dikembangkan, menurut tanggapantanggapan yang diberikan oleh ahli media (5 guru asesor ahli sertifikasi), tanggapan dari ahli materi (6 ahli dari fasilitator LSP di Direktorat PSMK Kementrian Pendidikan) memperoleh kriteria tanggapan sangat layak dengan skor 4,27 dari ahli media dan 4,38 dari ahli materi dari skala 5. Dari uji keefektifan pada kelas eksperimen, media website memperoleh kriteria cukup efektif sebesar 72% dan signifikan sebesar 0,508 untuk meningkatkan kompetensi lulusan siswa prodi TKR 1 dan TKR 3 di SMK N 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Lulusan; Lembaga Sertifikasi; Sertifikat Kompetensi; Skema Sertifikasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:36
Last Modified: 15 Jan 2024 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61215

Actions (login required)

View Item View Item