EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TECHNICAL DRAWING MENGGUNAKAN ADOBE ILUSTRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI BBPVP SEMARANG
Fidia Kusniawati, 5403421095 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TECHNICAL DRAWING MENGGUNAKAN ADOBE ILUSTRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI BBPVP SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Fasilitas media pembelajaran video di BBPVP Semarang belum digunakan pada pembelajaran luring. Instruktur masih menggunakan media konvensional, karena instruktur berpendapat proses pembelajaran demonstrasi langsung lebih efektif daripada dengan media video . Oleh karena itu perlu adanya pengukuran efektivitas media pembelajaran video untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama materi praktik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran video technical drawing menggunakan adobe illustrator untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelatihan asisten junior desainer di BBPVP Semarang. Metode penelitian quasi experiment, pretest-posttest only control design. Sampel penelitian sebanyak 32 siswa asisten junior desainer. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda untuk mengukur aspek kognitif, dan observasi pengamatan unjuk kerja siswa untuk mengukur aspek psikomotor dan afektif. Analisa data menggunakan paired sample t-test dan uji gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada keefektifan media pembelajaran video untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi technical drawing menggunakan adobe illustrator. Besar keefektifan media pembelajaran video untuk meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 87%, aspek psikomotor 91%, aspek afektif sebesar 82%, capaian kompetensi sebesar 86%. Hasil uji gain menunjukkan besar keefektifan pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video efektif meningkatkan hasil belajar siswa, aspek kognitif, psikomotor, afektif dan capaian kompetensi siswa BBPVP Semarang. Aspek pengetahuan (kognitif) menunjukkan peningkatan lebih rendah dibanding aspek psikomotor dan afektif, sebaiknya siswa diberikan pengayaan dan materi tambahan yang merangsang kemampuan berfikir siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video, hasil belajar, technical drawing, adobe illustrator |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:28 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61214 |
Actions (login required)
View Item |