PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN VIRTUAL LAB PhET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI ICT PESERTA DIDIK


Latifatur Roziqoh, 4001418036 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN VIRTUAL LAB PhET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI ICT PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan melalui hasil observasi di SMP Negeri 1 Grobogan bahwa kemampuan literasi sains dan literasi ICT peserta didik masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa peningkatan literasi sains dan literasi ICT peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan bantuan virtual lab PhET lebih baik daripada peserta didik yang diajar mengguanakan model saintifik dengan bantuan media riil pada pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.9 dan VIII.10 SMP Negeri 1 Grobogan tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian meliputi lembar tes pilihan ganda dan lembar angket literasi ICT serta lembar angket tanggapan peserta didik. Analisis data menggunakan uji N-gain dan uji ttest. Hasil analisis N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi ICT pada kelas eksperimen sebesar 0,46 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan literasi sains kelas kontrol dan eksperimen dengan Sig. (2- tailed) sebesar 0,014 < 0,05. Hasil analisis N-gain untuk literasi ICT menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi ICT pada kelas eksperimen sebesar 0,31. Keefektifan penerapan model discovery learning dengan bantuan virtual lab PhET dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi ICT peserta didik kelas VIII juga didukung oleh hasil angket tanggapan peserta didik menunjukkan respon sangat baik sebesar 86,05%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, PhET, literasi sains, literasi ICT.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:19
Last Modified: 15 Jan 2024 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61213

Actions (login required)

View Item View Item