KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII PADA MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES
Zahra Nabilla, 4101419039 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII PADA MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Challenge Based Learning berbantuan Google Sites terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, bagaimana pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran Challenge Based Learning berbantuan Google Sites, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran Challenge Based Learning berbantuan Google Sites ditinjau dari kreativitas siswa. Model pembelajaran Challenge Based Learning berbantuan Google Sites dikatakan efektif jika tuntas secara klasikal dan rata-ratanya lebih dari KKM. Sedangkan dikatakan lebih efektif jika sudah memenuhi syarat dalam efektif serta rata-rata dan proporsi ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas Challenge Based Learning berbantuan Google Sites lebih tinggi daripada kelas ekspositori. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kreativitas siswa, dan perangkat wawancara. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dalam penelitian ini adalah: A) menuliskan yang diketahui serta ditayakan; B) menjelaskan masalah dengan menggunakan kalimat sendiri; C) mempunyai rencana pemecahan masalah yang akan digunakan serta alasannya; D) menghitung penyelesaian dengan benar dan tepat; E) menuliskan hasil perhitungan dengan benar dan tepat; F) memeriksa kembali rencana pemecahan masalah; G) menyimpulkan hasil penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis kelas Challenge Based Learning berbantuan Google Sites mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas Challenge Based Learning berbantuan Google Sites lebih dari KKM; (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas Challenge Based Learning berbantuan Google Sites lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas ekspositori; (4) proporsi ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas Challenge Based Learning berbantuan Google Sites lebih tinggi daripada proporsi ketuntasan kelas ekspositori; (5) terdapat pengaruh positif kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran Challenge Based Learning berbantuan Google Sites. Selain itu, diperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas siswa, yaitu: (1) subjek dengan kreativitas tinggi cenderung mampu memenuhi indikator A, B, C, D, E, F, dan G, namun cenderung kurang mampu menyatakan secara eksplisit pada indikator F; (2) subjek dengan kreativitas sedang memiliki kecenderungan memenuhi indikator A, B, C, D, dan E; (3) subjek dengan kreativitas rendah cenderung hanya mampu memenuhi indikator A, B, dan C.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Challenge Based Learning, Google Sites¸ Kreativitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:07 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61211 |
Actions (login required)
View Item |