MODIFIKASI S-BOX MENGGUNAKAN PENGGANTIAN IRREDUCIBLE POLYNOMIAL PADA ALGORITMA AES UNTUK PENINGKATAN KEAMANAN CITRA DIGITAL


Adam Rizky Puguh Putra, 4611419027 (2023) MODIFIKASI S-BOX MENGGUNAKAN PENGGANTIAN IRREDUCIBLE POLYNOMIAL PADA ALGORITMA AES UNTUK PENINGKATAN KEAMANAN CITRA DIGITAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kemajuan teknologi di bidang internet memicu munculnya permasalahan baru, khususnya terkait dengan keamanan data. Data yang bersifat pribadi sangat penting untuk dijaga keamanannya dan dilindungi dari pencurian serta penyalahgunaan data. Terdapat sebuah metode yang digunakan untuk mengamankan data baik teks maupun gambar yang disebut dengan Advanced Encryption Standard (AES). AES merupakan sistem penyandian atau enkripsi blok yang bersifat non-feistel, artinya memiliki teknik subtitusi, permutasi dan putaran pada setiap blok yang akan dienkripsi. Kelebihan algoritma AES terletak pada penggunaan Substitution Box (S-Box) yang memiliki tingkat kompleksitas lebih tinggi. Konstruksi S-Box yang kuat harus memiliki kemampuan untuk memproduksi data acak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan S-Box menggunakan penggantian irreducible polynomial. Penggantian atau substitusi irreducible polynomial pada algoritma AES, menggunakan 3 jenis irreducible polynomial terbaik yang berbeda – beda mengacu pada penelitian sebelumnya. Algoritma AES yang dimodifikasi ini, digunakan untuk mengenkripsi citra digital berupa standard test images Dengan adanya modifikasi pada algoritma AES ini, hasil dari serangkaian pengujian terhadap 6 gambar yang berbeda, dianalisis dengan pengujian NPCR dan UACI, kemudian informasi entropi dan kecepatan waktu enkripsinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: S-Box, irreducible polynomial, AES, keamanan citra
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:55
Last Modified: 15 Jan 2024 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61210

Actions (login required)

View Item View Item