THE STUDY OF SPEAKING ANXIETY ON LEARNING ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES FOR NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS AT ISLAMIC STATE UNIVERSITY OF WALISONGO SEMARANG: THE HANDICAP AND SOLUTIONS


Masitoh Oktavia, 0201616016 (2022) THE STUDY OF SPEAKING ANXIETY ON LEARNING ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES FOR NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS AT ISLAMIC STATE UNIVERSITY OF WALISONGO SEMARANG: THE HANDICAP AND SOLUTIONS. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Disertasi] PDF (Disertasi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa semester empat non-bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang merasa cemas dan gugup saat belajar berbicara bahasa Inggris dengan bahan untuk k eperluan k husus di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan faktor-faktor internal kecemasan berbicara mahasiswa, (2) menjelaskan faktor- faktor eksternal kecemasan berbicara, ( 3) menjelaskan solusi mahasiswa untuk mengatasi dan mengurangi kecemasan berbicara, (4) menjelaskan solusi dosen untuk mengatasi dan mengurangi kecemasan berbicara mahasiswa pembelajaran ESP. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tiga puluh dua mahasiswa dan empat dosen non- Bahasa Inggris semester IV di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, pada d u a program studi pendidikan bahasa Arab dan pendidikan Agama Islam. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket. Temuan penelitian adalah (1)Faktor internal kecemasan berbicara siswa di jurusan non-Bahasa Inggris adalah ketakutan panggung, kurang percaya diri, dan rasa malu. (2) Faktor eksternal kecemasan berbicara m a h a siswa adalah tidak menguasai ketiga unsur tersebut: penguasaan tata bahasa, pengucapan, dan kosa kata, serta kurangnya persiapan saat mengikuti kelas bahasa Inggris. (3) Solusi mahasiswa untuk mengurangi kecemasan berbicara: upaya untuk menguasai kosakata dan tata bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris di luar kelas karena membuat mereka menikmati situasi informal dan lebih suka berlatih berbicara bahasa Inggris, dan berlatih bahasa Inggris sendiri. (4) Solusi dosen d a l a m mengurangi kecemasan berbicara mahasiswa d e n g a n panduan percakapan diadik e s s a y , kepedulian dosen, dan masaukan dosen. Untuk mengatasi kecemasan berbicara mereka, dosen merumuskan cara belajar dengan teknik dyadic reading essay aloud dan dyadic conversation. Kesimpulan penelitian ini adalah mahasiswa merasa cemas karena mereka berpikir bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit dan merasa tidak percaya diri dalam pembelajaran, karena itu penelitian ini merumuskan beberapa strategi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Beberapa saran adalah mahasiswa ESP harus memiliki strategi untuk mengatasi kecemasan berbicara mereka melalui persiapan, relaksasi, berpikir positif, mencari teman sebaya dan mahasiswa dan dosen ESP harus mewaspadai faktor-faktor kecemasan berbicara mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kecemasan berbicara bahasa Inggris, ESP, penyebab, solusi
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Inggris, S3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:07
Last Modified: 15 Jan 2024 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61209

Actions (login required)

View Item View Item