PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS


ANA WIDYAWATI, 0103520066 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS yang berlangsung di sekolah dasar belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Penggunaan model dan media pembelajaran IPS belum terlihat. Hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan jigsaw dengan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, desain dan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan jigsaw dengan media video Pembelajaran untuk peningkatan hasil belajar IPS dengan produk final sintak kolaborasi model two stay two stray dan jigsaw kemudian dimuat dilangkah kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D (Four-D Models) dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Metode pengumpulan data yaitu angket, tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Pakuncen dan SD Negeri I Wonosari Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Sumber data berasal dari pakar ahli, pendidik dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran two stay two stray dan jigsaw dengan video pembelajaran untuk peningkatan hasil belajar IPS sangat valid dengan persentase skor validasi sintak 92%; materi 87%; RPP 96. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray dan jigsaw dengan video pembelajaran ini layak untuk diujicobakan lebih lanjut. Keefektifan produk menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar. Nilai siswa sebelum dikenai produk yaitu 53,18 sedangkan setelah mendapat pembelajaran dengan produk meningkat menjadi 81,09. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dihasilkan uji N-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Selain itu, hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran two stay two stray dan jigsaw dengan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan siswa mampu mengembangkan keterampilan komunikatif dan mampu memahami materi secara mendalam serta menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Jigsaw, video, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:39
Last Modified: 15 Jan 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61205

Actions (login required)

View Item View Item