PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS TEMA BUMIKU MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS PLOTAGON


NUR RAKHMAT, 0103518013 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS TEMA BUMIKU MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS PLOTAGON. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 menyebabkan guru mengalami kesulitan, sehingga guru hanya memanfaatkan WhatsApp atau Google classroom dalam setiap pembelajarannya, hal ini menyebabkan peserta didik tidak tertarik dan interaktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan, oleh karena itu guru perlu melakukan berbagai inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran video yang berbasis STEAM dengan bantuan plotagon untuk memperkuat visualisasi materi yang disajikan, sehingga peserta didik lebih tertarik dan mudah memahami materi yang disajikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas hasil pengembangan video pembelajaran sains pada tema 8 Bumiku Menggunakan pendekatan STEAM berbasis plotagon terhadap hasil belajar peserta didik kelas 6 SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jenis penelitian lapangan menggunakan pengembangan Research and Development mengacu pada modifikasi model yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel. meliputi meliputi Define, Design dan Develope, dengan instrumen pengumpulan data melalui lembar angket pada observasi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum rata-rata skor validasi ahli media sebesar 92,5 % dan validasi ahli media sebesar 97,39%, sehingga secara keseluruhan media dan materi dalam pengembangan video pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM berbasis plotagon layak. Begitu juga hasil belajar pada uji skala terbatas semua peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM sebanyak 87% yang menunjukkan video pembelajaran sains layak dan dapat diimplementasikan pada uji coba skala luas. Pengembangan video pembelajaran sains pada tema 8 Bumiku menggunakan pendekatan STEAM berbasis plotagon efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas 6 SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Semarang, dimana kelas eksperimen mengalami peningkatan skor rata-rata hasil belajar materi Bumiku yang lebih tinggi yakni sebesar 90 dibandingkan kelas kontrol hanya sebesar 79. Respon peserta didik terhadap video pembelajaran sangat baik, dimana mayoritas peserta didik di kelas eksperimen memiliki skor angket yang sangat tinggi sebanyak 87% (39 peserta didik), sedangkan di kelas kontrol mayoritas peserta didik memiliki skor angket terkategori tinggi sebesar 91% (41 peserta didik). Hal tersebut menandakan bahwa peserta didik yang mendapatkan pembelajaran merasakan kesenangan dan semangat belajar IPA yang sangat tinggi dengan menggunakan video pembelajaran sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video, Pembelajaran, Sains, Pendekatan STEAM Berbasis Plotagon.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:56
Last Modified: 15 Jan 2024 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61201

Actions (login required)

View Item View Item