Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Basaku Basamu Basa Jawa Dan Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar Kelas VII
Laily Hayuning Tyas , 2102407188 (2011) Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Basaku Basamu Basa Jawa Dan Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Basaku Basamu Basa Jawa Dan Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar Kelas VII)
- Published Version
Download (704kB) | Preview |
Abstract
pada siswa dengan presentase 53,13%. (4) Latihan dengan presentase 57,29%. Dari analisis tersebut berarti kelayakan penyajian materi kompetensi berbicara pada buku teks Basaku Basamu Basa Jawa kelas VII presentasenya adalah 62,37%, tergolong cukup untuk dijadikan buku pegangan dalam proses pembelajaran. Kelayakan penyajian materi kompetensi berbicara pada buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VII tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan presentase pada setiap aspek, antara lain sebagai berikut. (1) Tujuan pembelajaran dengan presentase 92,97%. (2) Penahapan pembelajaran dengan presentase 53,13%. (3) Keterpusatan pada siswa dengan presentase 100%. (4) Latihan dengan presentase 100%. Dari analisis tersebut berarti kelayakan penyajian materi kompetensi berbicara pada buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VII presentasenya adalah 86,53%, tergolong baik untuk dijadikan buku pegangan dalam proses pembelajaran. Dari kedua buku teks tersebut, buku Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VII memiliki kelayakan penyajian materi kompetensi berbicara lebih baik apabila dibandingkan dengan buku Basaku Basamu Basa Jawa kelas VII. Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian yaitu penyajian materi kompetensi berbicara pada buku teks Basaku Basamu Basa Jawa kelas VII perlu diperbaiki, khususnya pada aspek penahapan pembelajaran, keterpusatan pada siswa, dan latihan. Pada buku Marsudi Basa lan Sastra Jawa Anyar kelas VII perlu diperbaiki pada aspek penahapan pembelajaran agar penyajian materi kompetensi berbicara lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelayakan, penyajian pembelajaran, kompetensi berbicara, buku teks. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 01:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6120 |
Actions (login required)
View Item |