PENGARUH MASA KERJA KEPALA DAERAH, MATURITAS SPIP, DAN KAPABILITAS APIP TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA PEMERINTAH DAERAH


Tri Nurlaila, 7211415029 (2023) PENGARUH MASA KERJA KEPALA DAERAH, MATURITAS SPIP, DAN KAPABILITAS APIP TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA PEMERINTAH DAERAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211415029_TRI NURLAILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi penyelenggaraan pemerintah di Indonesia masih belum efektif dan efisien serta masih terdapat pemikiran bahwa keberhasilan atau kegagalan suatu kinerja hanya bertumpu pada aspek input dan kurang memperhatikan outcome yang dihasilkan. Untuk itu upaya reformasi birokrasi perlu dilakukan, salah satunya melalui penguatan akuntabilitas kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masa kerja kepala daerah, maturitas SPIP, dan kapabilitas APIP terhadap akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. Populasi penelitian ini sebanyak 81 pemerintah daerah kabupaten dan kota di Sulawesi periode 2018-2020. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sebanyak 141 pemerintah daerah. Alat analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi data panel dengan software Eviews versi 12. Teknik estimasi data panel yang digunakan adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masa kerja kepala daerah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas kinerja. Maturitas SPIP dan kapabilitas APIP secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas kinerja. Masa kerja kepala daerah, maturitas SPIP, dan kapabilitas APIP secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas kinerja. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah proksi lain dalam mengukur kapabilitas APIP, misalnya jumlah APIP dan menambahkan PAD sebagai variabel independen untuk memprediksi variasi akuntabilitas kinerja. Bagi pemerintah, khususnya BPKP diharapkan mampu meningkatkan pembinaan dan monitoring peningkatan kapabilitas APIP dan maturitas SPIP dalam rangka mencapai target level 3 (tiga) diseluruh unit APIP Indonesia untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masa Kerja, Kapabilitas APIP, Maturitas SPIP, Akuntabilitas Kinerja, SAKIP
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:20
Last Modified: 12 Jan 2024 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61191

Actions (login required)

View Item View Item