KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Elza Ayu Yuliarti, 4101419091 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101419091_Elza Ayu Yuliarti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keefektifan model problem based learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada model problem based learning bernuansa etnomatematika. Pendekatan yang digunakan mixed methods dengan tipe sequential explanatory design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu 6 siswa dari kelas VIII A, 2 siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi, 2 siswa dengan kategori motivasi belajar sedang, dan 2 siswa dengan kategori motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji rata-rata satu pihak, uji proporsi satu pihak, dan uji kesamaan dua rata-rata satu pihak. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dalam penelitian ini yaitu: (1) menumbuhkan wawasan baru terkait permasalahan matematika melalui kemampuan pemecahan masalah; (2) menguraikan permasalahan matematika dengan situasi yang berbeda; (3) menggunakan berbagai tahapan penyelesaian yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan matematika; (4) memeriksa dan merefleksi proses penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model problem based learning bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, yang dibuktikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada model problem based learning bernuansa etnomatematika telah memenuhi capaian rata-rata lebih dari atau sama dengan 70, mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 70%, serta rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning bernuansa etnomatematika lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran model problem based learning di mana hal ini diperkuat dengan hasil bahwa (2) deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis subjek dengan motivasi belajar tinggi cenderung mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, subjek dengan motivasi belajar sedang cenderung mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis (indikator 2, 3, 4), serta subjek dengan motivasi belajar rendah juga cenderung mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis (indikator 1, 2, 3).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar, Problem Based Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:58
Last Modified: 12 Jan 2024 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61183

Actions (login required)

View Item View Item