PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING


Kiky Fitria Dhani, 4101417136 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417136_Kiky Fitria Dhani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tentang persamaan garis lurus dengan model problem based learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa karena bahan ajar yang hanya berpatok pada rumus dan hasil tanpa mengekplor konsep pada materi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambakromo, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model pengembangan Sugiyono (2018) yang telah dimodifikasi dengan enam tahap pengembangan bahan ajar yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk (uji keterbacaan), (6) produk akhir. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil uji kelayakan bahan ajar mencapai rata-rata sebesar 91,64% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan bahan ajar mencapai rata-rata 83,75% dengan kriteria tinggi (mudah dipahami). Hasil uji ketuntasan klasikal pada materi persamaan garis lurus menggunakan bahan ajar berbantuan geogebra dengan model problem based learning tercapai. Analisis hasil pretest dan posttest setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar berbantuan geogebra dengan model pembelajaran problem based learning pada materi persamaan garis lurus menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditandai dengan hasil uji N-gain sebesar 0,568 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbantuan geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep persamaan garis lurus pada pembelajaran problem based learning layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas VIII jenjang SMP/Mts. Untuk penelitian lebih lanjut diharapkan ada tahapan untuk skala yang lebih besar sehingga diperoleh masukan dan saran guna menyempurnakan bahan ajar. Untuk penelitian ke depannya dapat mengeksplor lebih banyak tentang dynamic geometry software dari software geogebra maupun software geometry lainnya untuk memperluas literasi dan referensi terbarukan pada bidang dynamic geometry software.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Geogebra, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:55
Last Modified: 12 Jan 2024 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61182

Actions (login required)

View Item View Item