KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA IMPLEMENTASI MODEL ETHNO-FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DITINJAU BERDASARKAN SELF-EFFICACY


Mar’atun Sholihah, 4101418013 (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA IMPLEMENTASI MODEL ETHNO-FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DITINJAU BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101418013_Mar'atun Sholihah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Representasi memungkinkan siswa untuk mengomunikasikan pendekatan matematika, argumen, dan pemahaman kepada dirinya sendiri dan kepada orang lain. Berdasarkan hasil PISA 2018 dan TIMSS tahun 2015 kemampuan siswa Indonesia lemah di semua aspek konten matematika (merepresentasikan ide atau konsep matematik pada materi bilangan, geometri, penyajian data, pengetahuan, penerapan, dan pemikiran). Selain kemampuan representasi, keyakinan siswa akan kemampuannya untuk mengungkapkan ide-ide juga turut memberikan kontribusi terhadap keberhasilannya dalam menyelesaikan suatu persoalan. Keyakinan diri atau self-efficacy siswa masih kurang ketika belajar mengenai matematika. Self-efficacy perlu dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengimplementasikan model EthnoFlipped Classroom berbantuan media interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model Ethno-Flipped Classroom berbantuan media interaktif terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah mixed method yang menggabungkan dua jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Pengambilan data kuantitatif menggunakan tes kemampuan represntasi matematis, sedangkan pengambilan data kualitatif menggunakan angket self-efficacy dan pedoman wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Susukan Kabupaten Banjarnegara. Sampel dari penelitian ini adalah 25 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ethno-Flipped Classroom berbantuan media interaktif efektif terhadap kemampuan representasi matematis, (2) subjek dengan self-efficacy tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi verbal, simbolik dan visual, (3) subjek dengan self-efficacy sedang hanya memenuhi sebagian indikator kemampuan representasi matematis, dalam penelitian ini yaitu representasi verbal dan simbolik, (4) subjek dengan self-efficacy rendah hanya memenuhi sebagian indikator kemampuan representasi matematis, dalam penelitian ini yaitu representasi verbal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Representasi Matematis, Self-Efficacy, Model Ethno-Flipped Classroom
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:51
Last Modified: 12 Jan 2024 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61181

Actions (login required)

View Item View Item