KAJIAN FILOLOGIS SERAT KAWANGIDHUN-FARAIT


Cholisa Dinna Karima, 2411416018 (2023) KAJIAN FILOLOGIS SERAT KAWANGIDHUN-FARAIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2611416018_Cholisa Dinna Karima.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Naskah Serat Kawangidhun-farait merupakan salah satu naskah yang termasuk dalam kategori piwulang. Naskah ini berisi tentang ramalan pada datangnya bulan Sura pada setiap tahunnya dan hari-hari yang diijabah pada bulan-bulan di setiap tahun. Teks Serat Kawangidhun-farait diteliti karena belum ada yang menyajikan teks sesuai kaidah filologi. Masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana sajian teks Serat Kawangidhun-farait yang berupa suntingan dan terjemahan teks sesuai dengan kaidah filologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan suntingan dan terjemahan teks Serat Kawangidhun-farait yang sesuai menurut kaidah filologi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah teks Serat Kawangidhunfarait. Sumber datanya adalah naskah Serat Kawangidhun-farait dengan nomor A. 34/ MN. 591.4 yang tersimpan di Perpustakaan Reksa Pustaka Museum Pura Mangkunegaran, Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode naskah tunggal edisi standar. Adapun metode terjemahan yang digunakan adalah terjemahan bebas agar mudah dipahami oleh pembaca. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa transliterasi teks Serat Kawangidhun-farait, suntingan teks Serat Kawangidhun-farait yang sahih menurut kaidah filologi dan terjemahan teks dalam bahasa Indonesia. simpulan yang didapat dari hasil suntingan pada penelitian ini berisi tentang ramalan-ramalan pada bulan Sura yang terdapat istilah dan makna yang terjadi pada suatu kondisi tertentu serta menjelaskan hari-hari yang diijabah pada 12 bulan. Kemudian diharapkan adanya tindak lanjut dari penelitian ini sebagai acuan para peneliti untuk melakukan penelitian di bidang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Serat Kawangidhun-farait, Suntingan Teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:32
Last Modified: 12 Jan 2024 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61176

Actions (login required)

View Item View Item