HARTA TAHTA DAN WANITA DALAM ANTOLOGI CERKAK KLUWUNG KARYA NONO WARNONO


Desy Dwi Puspitasari, Desy Dwi Puspitasari (2020) HARTA TAHTA DAN WANITA DALAM ANTOLOGI CERKAK KLUWUNG KARYA NONO WARNONO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601413008_Desy Dwi Puspitasari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kluwung adalah antologi cerkak berbahasa Jawa karya Nono Warnono yang memuat berbagai permasalahan sosial masyarakat. Untuk itu antologi cerkak Kluwung akan diteliti mengenai (1) bagaimana bentuk permasalahan sosial mengenai harta, tahta dan wanita dalam antologi cerkak Kluwung karya Nono Warnono?, (2) bagaimana relevansi permasalahan sosial mengenai harta, tahta dan wanita dalam antologi cerkak Kluwung dengan kenyataan sosial? Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan teori cermin Ian Watt. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggalan teks antologi cerkak Kluwung karya Nono Warnono. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks kumpulan cerkak Kluwung, koran dan media lainnya yang mendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik baca-catat. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Dari data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teori sosiologi karya sastra menurut Ian Watt untuk mengetahui penggambaran permasalahan sosial mengenai harta, tahta dan wanita dalam cerkak dan relevansinya dengan kenyataan sosial. Hasil penelitian ini adalah ditemukan empat permasalahan sosial yang disebabkan oleh harta, tahta dan wanita, yaitu: permasalahan sosial disorganisasi keluarga, permasalahan sosial korupsi, permasalahan sosial kejahatan dan permasalahan sosial lain (rasa gengsi). Kemudian ditemukan pula bahwa permasalahan sosial mengenai harta, tahta dan wanita dalam antologi cerkak Kluwung menggambarkan realitas sosial saat ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permasalahan sosial, sosiologi sastra, cerkak, Kluwung.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:29
Last Modified: 12 Jan 2024 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61175

Actions (login required)

View Item View Item