Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia


Pungkas Astiti , 1402407052 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS masih dianggap mata pelajaran yang masih sulit, dan kurang diminati siswa. Dalam pembelajaran IPS, guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Berdasarkan permasalahan tersebut, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran IPS di SD. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw akan menciptakan lingkungan belajar kooperatif dalam kelompok kecil yang menekankan keterlibatan semua siswa dalam pembelajaran, sehingga akan meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar siswa lebih bermakna. Dalam penelitian ini diajukan permasalahan “apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di SD Negeri Padasugih 01 Brebes?”. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes dan siswa kelas V SD Negeri Wangandalem 03 Brebes tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitan ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes dan siswa kelas V SD Negeri Wangandalem 03 Brebes tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 80 siswa. Variabel bebasnya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sedangkan variabel terikatnya yaitu aktivitas dan hasil belajar IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD Negeri Padasugih 01 Brebes. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Metode analisis data yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Hasil uji kesamaan mean menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki mean yang relatif sama. Hasil uji U pada kolom pada kolom Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi yaitu 0,036. Dapat dilihat bahwa ternyata probabilitasnya kurang dari 0,05. Dari data tersebut, dapat dinyatakan Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat ditunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas V antara yang memperoleh materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan yang tidak. Hasil analisis skor aktivitas siswa diperoleh persentase ketidakhadiran siswa 7,31% (kurang dari 10%), rata-rata skor aktivitas siswa 80,56 (lebih dari 75), dan persentase aktivitas belajar siswa 80,56 (lebih dari 75). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di SD Negeri Padasugih 01 Brebes. Oleh karena itu, hendaknya guru mulai mengembangkan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas dan Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 01:07
Last Modified: 25 Apr 2015 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item