PENGEMBANGAN MODUL AUDIO UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Amilatun Nadlifah, 2404418013 (2023) PENGEMBANGAN MODUL AUDIO UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404418013_AMILATUN NADLIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masih kurangnya media yang digunakan dalam mata kuliah Zhongji Hanyu Tingshuo Xia (Tingli) di Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan observasi, media yang biasa digunakan berupa rekaman berisi kosakata, percakapan, atau paragraph saja dalam pembelajaran sehingga mahasiswa mudah merasa bosan dan sulit mengingat kosakata baru yang dipelajari. Selain itu dosen dan mahasiswa memerlukan inovasi media yang dapat membantu memepermudah proses belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mencoba mengembangkan sebuah lagu menjadi media pembelajaran berupa modul audio. Lagu dijadikan sebuah media pembelajaran dengan lirik lagu sebagai bahan materi dengan tujuan agar mahasiswa lebih mudah memahami kosakata baru, lebih tertarik dan meningkatkan minat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap modul audio berdasarkan media lagu (2) mendeskripsikan pengembangan modul audio berdasarkan media lagu 星辰大海 (STARS AND SEA), dan (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli mengenai modul audio berdasarkan media lagu 星辰大海 (STARS AND SEA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan lima tahapan, yakni (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket kebutuhan kemudian dijadikan acuan dalam membuat produk. Berdasarkan hasil wawancara kepada dosen dan angket analisis kebutuhan pada mahasiswa, hasil menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa sangat setuju dengan pengembangan modul audio berdasarkan lagu. Hasil validasi Pengembangan Modul Audio Untuk Keterampilan Menyimak Bahasa Mandarin Tingkat Menengah mendapatkan nilai rata-rata 86 dari ahli materi dengan kategori sangat layak dan 85.6 dari ahli media dengan kategori layak. Media diperbaiki sesuai saran dan masukan yang diberikan para ahli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, audio, modul, Bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:46
Last Modified: 12 Jan 2024 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61169

Actions (login required)

View Item View Item