ANALISIS KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 01 KESESIREJO KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG
Endang Falupfi, 1401418131 (2023) ANALISIS KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 01 KESESIREJO KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan investasi mahal yang dapat menjadi sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan di sekolah mempunyai tujuan, salah satunya ialah membentuk karakter peserta didik. Kedisiplinan belajar peserta didik merupakan salah satu bentuk dari karakter peserta didik yang baik. Hal tersebut dikarenakan kedisiplinan belajar merupakan modal utama peserta didik untuk mencapai keberhasilan di masa sekarang maupun yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kedisiplinan belajar peserta didik kelas V, faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar serta kendala yang dihadapi guru saat menanamkan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 01 Kesesirejo dengan sumber data berasal dari guru kelas V, peserta didik kelas V, dan orangtua peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan hingga data jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar peserta didik kelas V sudah baik. Hal ini dilihat dari ketaatan peserta didik terhadap tata tertib sekolah sudah baik, begitupun dengan kedisiplinan belajar di kelas dan kedisiplinan belajar di luar kelas saat di sekolah, serta kedisiplinan belajar peserta didik selama di rumah sudah baik dengan bimbingan dari orangtua. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di antaranya ialah faktor internal yang berasal dari diri peserta didik seperti motivasi dalam belajar dan faktor eksternal yang berasal dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Kendala yang dihadapi guru dalam penanaman kedisiplinan belajar ialah terdapat peserta didik yang melanggar peraturan kelas yaitu membuat gaduh ketika pembelajaran, terlambat masuk kelas setelah istirahat dan peserta didik mengulangi kesalahan yang sama. Upaya yang dilakukan oleh guru ialah memberikan peringatan sebagai hukuman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada sekolah untuk memberi peringatan terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah. Guru dan orangtua memberi contoh dalam bersikap disiplin baik disiplin waktu, disiplin berpakaian maupun disiplin dalam bersikap serta melakukan koordinasi antara guru dan orangtua dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Kedisiplinan Belajar; Peserta Didik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 03:42 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 03:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61168 |
Actions (login required)
View Item |