PERANAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI LOKAL BERBASIS KONSEP SUSTAINABLE TOURISM (STUDI KASUS DI DESA WISATA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)


Risma Maulidiana, 1201418043 (2023) PERANAN KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI LOKAL BERBASIS KONSEP SUSTAINABLE TOURISM (STUDI KASUS DI DESA WISATA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418043_Risma Maulidiana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pengembangan potensi lokal dengan konsep pariwisata berkelanjutan pada desa wisata sangat dibutuhkan peranan dari berbagai pihak agar tujuan terwujud. Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata sebagai organisasi yang memegang peranan utama harus mampu berupaya untuk mengelola potensi menjadi produk pariwisata yang memberi manfaat untuk sekarang dan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) peranan Pokdarwis Rukun Santoso dalam mengembangkan potensi lokal berdasarkan konsep sustainable tourism 2) upaya yang dilakukan oleh Pokdarwis Rukun Santoso untuk memaksimalkan peranan dan 3) faktor pendukung dan penghambat Pokdarwis Rukun Santoso dalam mengembangkan potensi lokal berdasarkan konsep sustainable tourism. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan Desa Wisata Lerep, Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dengan subjek penelitian adalah ketua dan pengurus Pokdarwis Rukun Santoso serta Kepala Desa Lerep yang paham mengenai konsep pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism). Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pokdarwis Rukun Santoso berperanan sebagai pengelola, penggerak serta motivator dalam mengembangkan potensi lokal di Desa Wisata Lerep; (2) Upaya yang dilakukan Pokdarwis untuk memaksimalkan peranannya adalah bekerjasama dengan stakeholders, meningkatkan kualitas SDM, menggali potensi, mengikuti sertifikasi serta meningkatkan promosi dan pemasaran; (3) Faktor pendukungnya yaitu melimpahnya sumber daya alam, masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pariwisata, adanya support system, dan komitmen yang kuat dari anggota Pokdarwis. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu masyarakat yang kurang mendukung, pendanaan, SDM yang belum siap,belum mampu menargetkan kunjungan yang banyak, serta hambatan dalam proses regenerasi. Simpulan dari penelitian ini adalah Pokdarwis Rukun Santoso menjalankan peranannya sebagai pengelola, penggerak serta motivator dalam mengembangkan potensi lokal berbasis konsep sustainable tourism dengan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai upaya yang dilakukan oleh Pokdarwis untuk memaksimalkan peranan dalam mengelola pariwisata di Desa Wisata Lerep. Kedepannya seluruh komponen masyarakat harus terlibat dalam pengelolaan pariwisata agar tujuan pariwisata berkelanjutan dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Sadar Wisata, Sustainable Tourism, Desa Wisata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:39
Last Modified: 12 Jan 2024 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61167

Actions (login required)

View Item View Item