PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS LAKSANA KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN


ADITYA RINI, 1401415102 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS LAKSANA KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401415102_Aditya Rini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peran dari kepala merupakan suatu kewajiban yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk bisa mengembangkan lembaga sekolah yang juga menjadikan seorang pemimpin demi mewujudkan tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan di sekolah. Dalam perannya, kepala sekolah juga harus mengelola kegiatan ekstrakurikuler dengan sebaik mungkin karena dengan pengelolaan yang baik akan mewujudkan tujuan dari adanya kegiatan ekstrakurikuler. Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan kepala sekolah yang dibantu oleh guru untuk mengatur manajemen kegiatan ekstrakurikuler. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler sendiri terdiri atas perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah selama merencanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar negeri kecamatan Wonopringgo, pada saat merencanakan kegiatan ekstrakurikuler, sebagai kepala sudah melakukan tugasnya untuk membimbing guru saat merencanakan, mendampingi, memberi arahan dan juga memberikan motivasi kepada guru untuk bisa merencanakan kegiatan sebaik mungkin serta kepala sekolah juga memberikan ide-idenya pada saat perencanaan dan mendiskusikannya bersamasama dengan guru; (2) Peran kepala sekolah selama melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar kecamatan Wonopringgo bahwa kepala sekolah terkadang juga ikut melatih kegiatan ekstrakurikuler, akan tetapi tidak terus menerus ikut melatih, selain itu kepala sekolah juga memberikan tugas pelatih untuk bisa melatih dengan baik kepada siswa, selama kegiatan pelaksanaan kepala sekolah hanya mengawasi dan beberapa kali saja mengikuti pelaksanaan dan yang melaksanakan semuanya yaitu guru; (3) Peran kepala sekolah pada saat mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler pada saat menjadi edukator atau pembimbing yaitu kepala sekolah mengadakan sebuah rapat pertemuan untuk membahas pelaksanaan kegiatan kemudian mengevaluasinya, setiap kegiatan evaluasi di sekolah tentu perlu adanya peran dari kepala sekolah karena yang mengevaluasi kegiatan dan yang membimbing, memberikan saran tindak lanjut adalah kepala sekolah dengan didiskusikan bersama dengan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kegiatan ekstrakurikuler, kepala sekolah, SD negeri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:36
Last Modified: 12 Jan 2024 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61166

Actions (login required)

View Item View Item