FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA SEMARANG


Ahmad Salafudzin, 7211417154 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417154_Ahmad Salafudzin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Zakat dapat menjadi bukti nyata kepedulian umat Islam terhadap golongan miskin dan kurang mampu. Seorang muslim yang memiliki ekonomi yang lebih memiliki kewajiban untuk menyisikan hartanya untuk dibagikan kepada kelompok yang berhak menerimanya (mustahiq). Di Indonesia terdapat dua Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yaitu, BAZNAS dan LAZ. Dengan adanya BAZNAS dan LAZ diharapkan mampu untuk menghimpun serta menyalurkan dana zakat secara optimal. Saat ini masih banyak para muzaki yang tidak menyalurkan dana zakatnya. Karena kurangnya minat dan kepercayaan para muzaki terhadap organisasi tersebut dan lebih memilih untuk memberikan dana zakatnya secara langsung kepada (mustahiq). Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat muzaki dalam membayar zakat diantaranya adalah pengetahuan, pendapatan, kualitas pelayanan, transparansi, keadilan distribusi dan model pendistribusian zakat. Populasi dalam penelitian ini adalah ASN Kota semarang yang membayarkan zakatnya melalui BAZNAS. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling insidental (accidental sampling) dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, pendapatan, dan Transparansi berpengaruh positif signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Sedangkan kualitas pelayanan, keadilan distribusi, dan model pendistribusian tidak memiliki pengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuna, pendapatan, kualitas pelayanan, transparansi, keadilan distribusi, model pendistribusian, minat muzakki membayar zakat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:01
Last Modified: 12 Jan 2024 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61157

Actions (login required)

View Item View Item