Keefektifan Pembelajaran Sumber Daya Alam melalui Model Science Technology Society Kelas IV SD Negeri Sitanggal 04 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes


Ali Akhmad Basyari , 1402407168 (2011) Keefektifan Pembelajaran Sumber Daya Alam melalui Model Science Technology Society Kelas IV SD Negeri Sitanggal 04 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Sumber Daya Alam melalui Model Science Technology Society Kelas IV SD Negeri Sitanggal 04 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Sumber Daya Alam melalui Model Science Technology Society Kelas IV SD Negeri Sitanggal 04 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Kenyataan di lapangan menunjukkan pembelajaran secara umum berlangsung secara konvensional. Pembelajaran kurang dapat mengaktifkan siswa. Berdasarkan kenyataan tersebut model pembelajaran STS dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Terlebih materi sumber daya alam, akan lebih bermakna jika meggunakan model STS ini. Oleh karena itu permasalahan penelitian ini adalah: “Bagaimanakah keefektifan model Science Technology Society (STS) terhadap hasil belajar materi sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Sitanggal 04 Brebes?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan perbandingan tanpa pretest. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Sitanggal 04 Brebes. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Diambil kelas IV A dan IV B sebagai sampel. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan IV B sebagai kelompok kontrol. Variabel yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran STS dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dari kedua kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Metode analisis dipisahkan menjadi dua yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Pada analisis tahap awal dilakukan uji pra eksperimen meliputi uji normalitas dan uji homogenitas untuk data nilai UTS semester genap. Hasil uji normalitas, seluruh data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi 0,342. Nilai ini lebih besar dari 0,05 yang artinya kedua kelompok dinyatakan homogen. Analisis tahap akhir meliputi uji prasyarat analisis dan uji hipotesis data pos tes. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas, diperoleh nilai signifikansi KS kelompok eksperimen sebesar 0,023 dan kelompok kontrol sebesar 0,165. Nilai ini menunjukkan data kelompok kontrol berdistribusi normal, sedangkan kelompok eksperimen tidak berdistribusi normal. Karena data salah satu kelompok tidak berdistribusi normal maka uji homogenitas tidak dilakukan. Sehingga statistik parametris tidak dapat digunakan. Sebagai gantinya menggunakan statistik nonparametris. Bila uji hipotesis statistik parametris menggunakan uji t, maka statistik nonparametris menggunakan uji u. Hasil uji u, diperoleh nilai probabilitas pada kolom asimptotic significance dua sisi sebesar 0,015. Dapat diketahui nilai probabilitas 0,015 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulannya adalah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model STS dengan yang mendapat pembelajaran melalui model konvensional pembelajaran IPA materi sumber daya alam. Dengan kata lain model STS teruji efektif meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya menggunakan model STS serta terus melakukan penelitian-penelitian terkait model pembelajaran. Dengan harapan kualitas pendidikan Indonesia semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Hasil Belajar, Model STS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 00:58
Last Modified: 25 Apr 2015 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item