“Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Dengan Meningkatkan Self Efficacy untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Siswa kelas XI SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub”


Patuh Ardianto, 0106518063 (2023) “Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Dengan Meningkatkan Self Efficacy untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Siswa kelas XI SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub”. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0106518063 Patuh Ardianto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan akademik yang dialami siswa menyebabkan siswa berperilaku maladatif dan cemas ketika menghadapi ujian. Diperlukan keyakinan dari diri siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Self efficacy merupakan keyakinan akan kemampuan sendiri dalam mencapai keberhasilan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok teknik self management untuk meningkatkan self efficacy. (2) Mengetahui perubahan kecemasan belajar siswa setelah diberikab layanan konseling kelompok teknik self management dengan ditingkatkan self efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-Posttest Control Group Desaign yang terdiri dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 20 orang di kelas XI. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan kategori self efficacy rendah dan kecemasan belajar tinggi. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji paired sampel t test dan independent t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perubahan peningkatan self efficacy yang dimiliki siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan konseling kelompok teknik self management dilihat dari Hasil uji paired sample t-test konseling kelompok teknik self management meningkatkan self efficacy menunjukan nilai signifikansi 0,000 dan self management untuk mereduksi kecemasan academic nilai signifikansinya 0,000. Dan hasil independent t-test menunjukan self management efektif meningkatkan self efficacy pada siswa terlihat dari hasil signifikansi 0.003 dan konseling kelompok teknik self management terhadap kecemasan belajar menunjukan nilai signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik self management efektif mereduksi kecemasan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan layanan konseling kelompok teknik selfmanagement efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa yang selanjutnya efektif mereduksi kecemasan akademik siswa. Diharapkan konselor sekolah terus memberikan berbagai layanan konseling, khususnya layanan yang terkait self efficacy dan kecemasan belajar siswa. Untuk Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan konseling kelompok teknik self management tetapi dengan masalah, pendekatan dan subyek penelitian yang berbeda

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Self Efficacy, Kecemasan akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:29
Last Modified: 12 Jan 2024 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61148

Actions (login required)

View Item View Item