PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA


SUGENG WIDODO, 0106518026 (2023) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0106518026 - Sugeng Widodo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik merupakan salah satu perilaku individu yang selalu ingin untuk menunda-nunda mengerjakan tugas sekolah. Siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik maka cenderung akan malas mengerjakan tugas sekolah. Tugas-tugas yang diberikan guru akan dikerjakan terlambat bahkan sampai tidak dikerjakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang diberikan self regulated learning dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah perwakilan setiap kelas sebanyak 9 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang tergolong rendah. Self-regulated learning yang dimiliki siswa tergolong tinggi. Konformitas teman sebaya yang ada pada siswa tergolong rendah. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa self regulated learning berpengaruh signifikan terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Selain itu, konformitas teman sebaya juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Self regulated learning berpengaruh terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 20 Semarang. Konformitas teman sebaya juga berpengaruh terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 20 Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prokrastinasi Akademik, Self regulated learning, Konformitas Teman sebaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:25
Last Modified: 12 Jan 2024 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61147

Actions (login required)

View Item View Item