PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED SCAFFOLDING TPACK UNTUK CALON GURU IPA


Novi Ratna Dewi, 0402619006 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED SCAFFOLDING TPACK UNTUK CALON GURU IPA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0402619006 - Novi Ratna Dewi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Guru IPA abad ke-21 perlu memiliki penguasaan yang baik dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, akan tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kemampuan yang kurang baik dalam penguasaan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran Peoject Based Scaffolding TPACK (PBST), menganalisis validitas model, kepraktisan penerapan model di kelas, dampak penerapan model pada penguasaan TPACK dan kemampuan mendesain pembelajaran oleh mahasiswa calon guru IPA, serta untuk menganalisis dampak pengiring penerapan model pada kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan desain pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini mahasiswa calon guru yang mengambil mata kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran IPA pada Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNNES dan UNTIDAR yang berjumlah 47 mahasiswa pada uji coba produk, 75 mahasiswa pada uji pemakaian dan 166 mahasiswa pada tahap implementasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket TPACK, expert judgement, angket tanggapan dosen dan mahasiswa, soal tes penguasaan TPACK, angket kepraktisan model untuk dosen dan mahasiswa, lembar penilaian perangkat pembelajaran, soal tes kemampuan kognitif siswa SMP. Data dianalisis menggunakan program rumus, Aiken V, Ngain dan two tail t test, menggunakan program SPSS, korelasi bivariat: analisis pemodelan structural menggunakan Lisrel v 8.8. Hasil penelitian menunjukkan: Model pembelajaran PBST memiliki karakteristik: dimulai dari masalah perlunya perangkat pembelajaran IPA inovatif, mendorong mahasiswa melakukan penelurusan rinci terkait kerangka kerja TPACK dan implementasinya dalam pembelajaran IPA, menggunakan proyek untuk menyelesaikan masalah sebagai inti pembelajaran, melatih mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman TPACK dan kemampuan mendesain pembelajaran IPA, memberikan tanggung jawab yang besar kepada mahasiswa, menggunakan kelompok kecil dalam penyelesaian tugas eksplorasi, mendorong mahasiswa untuk menghasilkan dan mempublikasikan hasil proyek, memfasilitasi mahasiswa memperoleh pengalaman dari guru senior, melatih keterampilan abad 21 mahasiswa calon guru; Model pembelajaran PBST, Buku Ajar, Alat Evaluasi TPACK, dan Lembar Penilaian RPP. Model dan fitur pendukungnya memperoleh kriteria valid menurut ahli; Model PBST praktisvii diterapkan pada mata kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran IPA; Model PBST terbukti efektif meningkatkan penguasaan TPACK mahasiswa calon guru IPA; Model pembelajaran PBST terbukti efektif meningkatkan kemampuan mendesain pembelajaran mahasiswa calon guru IPA; Terdapat hubungan antara penguasaan TPACK dengan kemampuan mendesain pembelajaran; Penerapan Model pembelajaran PBST pada mahasiswa calon guru IPA memberikan dampak yaitu keberhasilan mahasiswa dalam mengimplementasikan desain pembelajaran di sekolah yang terlihat dari meningkatnya hasil belajar kognitif peserta didik SMP. Model pembelajaran PBST diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk mempersiapkan calon guru IPA di perguruan tinggi yang sejalan dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21 yaitu berbasis integrasi teknologi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Project-Based, Scaffolding TPACK, Calon Guru.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:21
Last Modified: 12 Jan 2024 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61146

Actions (login required)

View Item View Item