BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA


FUAD MUHAMAD AMINUDIN, 0103518050 (2023) BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0103518050 -Fuad Muhamad Aminudin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika dengan kelas yang menggunakan model ekspositori. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design menggunakan The Nonequivalent Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Petompon 02. Dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen kelas VB sebagai kelas kontrol. Penggambilan data dilakukan dengan lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar angket motivasi belajar siswa. Data diolah dengan menggunakan Independent Samples T-Test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V yang diajar menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 70. Dimana sebanyak 23 siswa dari 27 siswa telah memenuhi ketuntasan minimal.; (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V yang diajar menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu lebih dari 75%.; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika lebih baik daripada kelas yang diajar menggunakan model ekspositori.; (4) Rata – rata motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika termasuk kedalam kategori baik. Dimana 51,85% siswa motivasi belajarnya termasuk kedalam kategori sangat baik, 33,33% baik, dan 14,81% cukup baik.; (5) Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,285 (28,5%). Namun hubunganya masih berada pada tingkat hubungan sedang belum sampai pada tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:16
Last Modified: 12 Jan 2024 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61145

Actions (login required)

View Item View Item