PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SMK PGRI 01 SEMARANG


Siti Khotimah, 7101415273 (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SMK PGRI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101415273_Siti Khotimah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa kualitas pelayanan di SMK PGRI 01 Semarang masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan di SMK PGRI 01 Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI, dan XII di SMK PGRI 01 Semarang yang berjumlah 244 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 71 siswa yang diperoleh dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y = 15,199 + 0,302X1 + 0,323X2 + 0,347X3 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, dan fasilitas kantor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Secara simultan (R2) kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, dan fasilitas kantor berpengaruh terhadap kualitas belajar sebesar 47% dan sisanya 53% dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini adalah kompetensi pegawai, komunikasi interpersonal, dan fasilitas kantor secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Saran dari penelitian ini adalah 1) kepala sekolah selaku pimpinan agar selalu memberikan arahan kepada petugas tata usaha untuk selalu menjalankan SOP pelayanan prima yang ada di sekolah, 2) petugas pelayanan diharapkan lebih terbuka akan kritik dan saran dari pengunjung yang melakukan pelayanan di SMK PGRI 01 Semarang. 3) disediakan tempat yang memadai sehingga pengunjung yang akan melakukan pelayanan dapat merasa nyaman dan penataan kantor diharapkan dapat disesuaikan lagi dengan luas ruangan agar tercipta mobilitas pelayanan yang baik, sehingga pegawai dapat menikmati ruang kerja yang nyaman serta pengunjung dapat menikmati pelayanan yang diberikan pegawai SMK PGRI 01 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Kantor, Kompetensi Pegawai, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:21
Last Modified: 11 Jan 2024 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61114

Actions (login required)

View Item View Item