PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL, PELATIHAN PEGAWAI DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR DESA SE-KECAMATAN MLONGGO


Niken Kusuma Melati, 7101419250 (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL, PELATIHAN PEGAWAI DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN ARSIP DI KANTOR DESA SE-KECAMATAN MLONGGO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419250 Niken Kusuma Melati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja individu maupun kelompok orang yang ditunjukan oleh peran serta dan kontribusi pegawai mengenai tanggung jawab, perilaku yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi, sedangkan pengelolaan arsip merupakan kegiatan mengurus arsip yang dimulai dari pencatatan sampai pemusnahan arsip. Kinerja pengelolaan arsip sangat membantu dalam kegiatan organisasi karena akan memudahkan dalam menerima informasi dengan cepat, tepat dan memudahkan pekerjaan. Kinerja pengelolaan kearsipan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain komunikasi internal antar pegawai yang belum terjalin dengan baik, biaya pelatihan yang belum dianggarkan desa untuk pelatihan pengelolaan arsip, dan belum adanya fasilitas serta ruang arsip yang baik dan layak untuk penyimpanan arsip, serta belum ada pemeliharaan fasilitas arsip yang baik dalam pengelolaan arsip. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petugas arsip Kantor Desa seKecamatan Mlonggo berjumlah 60 orang. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dan metode pengumpulan data ini adalah dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data adalah dengan analisis deskripsif persentase dan regresi linear berganda. Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi linear berganda adalah KPA = 20,321 + 0,554 KI – 0,071 PLTP + 1,055 FK + e. Pengaruh secara simultan antara komunikasi internal, pelatihan pegawai dan fasilitas kerja terhadap kinerja pengelolaan arsip di Kantor Desa se-Kecamatan Mlonggo adalah 60,6%. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel fasilitas kerja sebesar 21,34%, untuk variabel komunikasi internal sebesar 13,25%, dan pelatihan pegawai tidak berpengaruh. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel komunikasi internal, pelatihan pegawai, dan fasilitas kearsipan terhadap kinerja pengelolaan arsip di Kantor Desa se-Kecamatan Mlonggo. Adapun saran dari peneliti mengenai penelitian ini adalah Kantor Desa se-Kecamatan Mlonggo diharapkan dapat memberikan anggaran dana untuk pengembangan pelatihan pegawai agar kinerja pengelolaan arsip dapat berjalan dengan maksimal. Sehingga disarankan untuk memberikan anggaran dana untuk mengalokasikannya kedalam pembangunan fasilitas ruang arsip sehingga harapanya arsip dapat tersimpan rapi dalam satu ruangan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan arsip di Kantor Desa se-Kecamatan Mlonggo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pengelolaan Arsip, Komunikasi Internal, Pelatihan Pegawai, dan Fasilitas Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:43
Last Modified: 11 Jan 2024 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61108

Actions (login required)

View Item View Item