KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KUDUS


Ratna Syifa’a Rakhmahana, 7101418164 (2023) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418164_Skripsi Ratna Syifa'a Rakhmahana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMK Negeri 1 Kudus. Metode pembelajaran Problem based learning adalah metode pembelajaran yang dipicu oleh permasalahan, yang mendorong siswa untuk belajar dan bekerja kooperatif dalam kelompok untuk mendapatkan solusi, berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi-esperimental design. Populasi dari penelitian ini adalah 3 kelas XI Akuntansi (AKL) SMK Negeri 1 Kudus. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas eksperimen (XI AKL 1) dan kelas kontrol (XI AKL2). Kedua kelas tersebut dipilih berdasarkan kesamaan tingkat pendidikan, nilai rata-rata ulangan harian yang sama, dan jumlah siswa sama yaitu 35 siswa. Metode problem based learning efekif meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Kudus ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji paired samples t test sebesar 0,000 > 0,05. Hasil nilai N-Gain score instrumen tes untuk rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,2 dengan kategori efektif. Rata-rata hasil tes akhir sebesar 88,34 dengan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 94,2%. Ditinjau dari peningkatan motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 58 artinya motivasi belajar yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kriteria tinggi. Siswa kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang tinggi didukung dengan aktivitas belajar yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode PBL efektif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Kudus. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah (1) Hasil belajar peserta didik perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan memberikan metode pembelajaran yang lebih bervariasi, (2) Motivasi belajar perlu ditingkatkan dengan memberikan semangat belajar berupa nilai tambahan atau pujian karena telah berhasil menyelesaikan tugas dari guru kepada peserta didik agar siswa lebih termotivasi untuk melakukan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learnig, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:31
Last Modified: 11 Jan 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61105

Actions (login required)

View Item View Item