PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terindeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016-2020)


Eka Setya Adi Nugraha, 7101417091 (2023) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAN DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terindeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016-2020). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101417091_EKA SETYA ADI NUGRAHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan adalah bentuk keberhasilan suatu perusahaan dalam mengelola asetnya secara efektif selama periode tertentu. Berdasarkan penelitian awal ditemukan bahwa perusahaan LQ45 pada tahun 2016-2020 memiliki ratarata ROA yang fluktuatif dan cenderung menurun. Pada tahun 2016, rata-rata ROA sebesar 9,72% dan tahun 2020 mengalami penurunan terendah sampai 6,38% sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh CSR dan GCG terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan reputasi perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020 yang berjumlah 68 perusahaan. Sampel penelitian adalah perusahaan yang memenuhi kriteria yaitu sebanyak 22 perusahaan dengan 110 unit analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan performa perusahaan tercatat dari website resmi BEI, laporan keuangan dan laporan tahunan di website perusahaan terkait. Alat analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi berupa uji Moderated Regression Analyze. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) CSR, Komite Audit, serta Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan Dewan Direksi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. (2) Reputasi perusahaan tidak memperkuat pengaruh CSR, Komite Audit, serta kepemilkan Institusional terhadap kinerja keuangan dan reputasi perusahaan memperlemah pengaruh Dewan Direksi terhadap kinerja keuangan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat satu hipotesis yang diterima dan tujuh hipotesis ditolak. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah perusahaan LQ45 untuk selalu meningkatkan kinerja keuangan, meningkatkan aktivitas CSR dan memaksimalkan peran dari corpotae governance. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel penelitian yang lain agar mampu lebih luas menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan dan menghasilkan temuan yang komprehensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CSR, GCG, Dewan Direksi, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Kinerja Keuangan, ROA, Reputasi Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:27
Last Modified: 11 Jan 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61103

Actions (login required)

View Item View Item