ANALISIS KOMPETENSI KEGURUAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (ADMINISTRASI PERKANTORAN) ALUMNI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1, 2, DAN 3 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


REVLINA POPPI ANDIANI, 7101418290 (2022) ANALISIS KOMPETENSI KEGURUAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (ADMINISTRASI PERKANTORAN) ALUMNI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1, 2, DAN 3 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418290 REVLINA POPPI ANDIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan bidang Pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menggagas program Kampus Mengajar. Minat yang sangat tinggi para mahasiswa untuk mengikuti program Kampus Mengajar di Indonesia angkatan pertama sebesar 14.621 mahasiswa. Minat yang tinggi juga terjadi di kalangan mahasiswa Universitas Negri Semarang terutama mahasiswa jurusan kependidikan yang nantinya menjadi calon guru termasuk di dalamnya mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran). Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguasaan kompetensi guru mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) alumni program kampus mengajar angk atan 1, 2, dan 3 Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) alumni program kampus mengajar angkatan 1, 2, dan 3 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik snowball sampling dengan 16 informan yang terdiri dari mahasiswa, gugus tugas Kampus Mengajar, dosen pembimbing lapangan, dan guru pamong sekolah mitra kampus mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, sedangkan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis dari data yang ada menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) menguasai kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogic, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi kepribadian pada pelaksanaan program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Namun dalam penguasaan kompetensi sosial dan profesional mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) memang belum maksimal saat praktik di SD. saran dari penelitian ini sebaiknya Gugus Tugas Kampus Mengajar UNNES menyediakan tempat praktik sekolah mitra yang sesuai dengan kompetensi keilmuan mahasiswa. Selain itu mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi (Administrasi Perkantoran) Alumni program Kampus Mengajar harus dapat menguasai semua kompetensi guru terutama kompetensi sosial dan profesional sehingga mengoptimalkan dan menyesuaikan ketika pada output-nya mengajar bidang Administrasi Perkantoran di SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Program Kampus Mengajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:22
Last Modified: 11 Jan 2024 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61102

Actions (login required)

View Item View Item