IMPLEMENTASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA SURAJAYA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG


Dede Rosita Agustina, 8111415031 (2023) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA SURAJAYA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 8111415031_DEDE ROSITA AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga ekonomi desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Pembentukan dan pengelolaan BUMDes bertujuan membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Pembaharuan peraturan mengenai BUMDes kedalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa mengharuskan Pemerintah Desa untuk menyesuaikan kebijakan pengelolaan BUMDes dengan peraturan terbaru. Desa Surajaya merupakan salah satu desa yang sudah menyesuaikan peraturan desa mengenai bumdes dengan peraturan terbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pengelolaan BUMDes dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa dan menemukan faktor yang mempengaruhi pengelolaan BUMDes di Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian empiris (non-doktrinal). Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pengelolaan BUMDes telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari pembaharuan Peraturan Desa Surajaya tentang BUMDes yang telah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa dan BUMDes Purbaya yang sudah berbadan hukum. Saran yang dapat diberikan adalah dengan melengkapi anggaran dasar dan anggaran BUMDes, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menambah sumber daya keuangan, serta membangun koordinasi antar lembaga agar kedepannya kerjasama antara BUMDes dengan Pemerintah Desa dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pengelolaan, BUMDes
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:10
Last Modified: 11 Jan 2024 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61100

Actions (login required)

View Item View Item