ANALISIS KEKUATAN RANGKA MOBIL HEMAT ENERGI PANDAWA EVOGEN-68E MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR


Febri Yustiansyah, 5212415002 (2023) ANALISIS KEKUATAN RANGKA MOBIL HEMAT ENERGI PANDAWA EVOGEN-68E MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5212415002 FEBRI YUSTIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persediaan bahan bakar sebagai sumber energi semakin menipis sedangkan kebutuhan energi semakin meningkat menyebabkan energi menjadi masalah di hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Tim Pandawa yang setiap tahunnya mengikuti kompetisi KMHE ini terus melakukan penelitian terhadap kendaraan mobil hemat energi khususnya pada jenis kendaraan urban concept. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui hasil analisis pembebanan Rangka pada desain rangka mobil Pandawa Tim pada Software Autodesk Inventor dan mengetahui kelayakan desain rangka mobil Pandawa Evogen-68E untuk dugunakan mengikuti kompetisi. Metode pada penelitian ini adalah dengan melakukan analisis berupa simulasi pemberian beban pada desain rangka yang telah dibuat pada software Autodesk Inventor, kemudian melakukan pengamatan pada simulasi tersebut yang selanjutnya hasil dari simulasi tersebut terdapat nilai diantaranya adalah von miss, Displacement, dan safety factor. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai Von Mises Stress terbesar pada analisis rangka mobil Pandawa Evogen-68E adalah 148 MPa pada pembebanan driver sebesar 70 kg. Nilai displacement terbesar pada analisis kekuatan rangka mobil Pandawa Evogen-68E adalah 3,940 mm Pada pembebanan driver sebesar 70 kg. Nilai safety factor terbesar pada analisis kekuatan rangka mobil Pandawa Evogen- 68E adalah 15 pada seluruh variasi pembebanan. Desain rangka layak digunakan karena memenuhi syarat nilai von misses stress tergolong aman karena masih kurang dari nilai yield strength, Displacement dikategorikan aman karena kurang dari batas maksimal displacement pada chasis yaitu 11 mm, dan Safety factor melebihi standar minimum untuk desain kontruksi industri yaitu lebih besar dari 4. Penelitian ini masih perlu dikembangkan dan perlu melakukan variasi constrain terhapat desain maupun proses analisis kekuatan rangka. Selain itu pada penelitian ini analisis masih menggunakan default mesh, sehingga pada penelitian selanjutnya dapat melakukan mesh control untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pandawa tim, Stres Von Mises stress, Displacement, Safety Factor, Chassis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:52
Last Modified: 11 Jan 2024 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61093

Actions (login required)

View Item View Item