PENGEMBANGAN E-BOOKLET EKOSISTEM BERBANTUAN LKPD UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SALATIGA
Dhystie Wulan Rhahmawati, 4401418040 (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET EKOSISTEM BERBANTUAN LKPD UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan wawancara guru biologi di SMA Negeri 3 Salatiga, pembelajaran materi Ekosistem belum terlaksana secara optimal dibuktikan dengan 73% nilai ulangan harian siswa masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini dikarenakan pembelajaran sering menggunakan metode konvensional dan bahan ajar yang masih bersifat tekstual sehingga pencapaian kompetensi dasar 3.10 dan 4.10 belum sepenuhnya terpenuhi. Oleh karena itu dikembangkan bahan ajar berupa e-booklet ekosistem berbantuan LKPD. E-booklet dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. E-booklet merupakan media pembelajaran yang dapat menjadi sumber bahan ajar tambahan siswa dikemas dengan format elektronik dan disajikan melalui perangkat elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kevalidan, dan kepraktisan e-booklet serta menganalisis keefektifan e-booklet dalam ekosistem. Dengan media e-booklet ini, siswa lebih paham konsep dalam proses pembelajaran dan penulis dapat melihat bagaimana persepsi siswa terhadap pemanfaatan media gambar e-booklet dalam pembelajaran terkhusus materi Ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Data kevalidan e-booklet diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan media. Data kepraktisan e-booklet diperoleh dari angket tanggapan gurudan siswa. Data keefektifan e-booklet diperoleh dari nilai pretest-posttest yang ditentukan dengan ketuntasan klasikal, uji-t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan e-booklet menurut ahli materi sebesar 95% (sangat valid) dan ahli media sebesar 96% (sangat valid). Kepraktisan e-booklet menurut guru sebesar 98,3% (sangat praktis) dan siswa 89,70% (sangat praktis). Keefektifan e-booklet dibuktikan dengan hasil ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen sebesar 91,17% dan nilai n-gain 0,53 (kategori sedang) sedangkan pada kelas kontrol, ketuntasan klasikal sebesar 55,88% dan nilai n- gain 0,25 (kategori rendah). Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan e-booklet dengan kelas kontrol yang pembelajarannya tanpa menggunakan e-booklet. Simpulan penelitian ini adalah e-booklet ekosistem sangat valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ilmiah siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Booklet, Ekosistem, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > Special Education > Biology Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:48 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61092 |
Actions (login required)
View Item |