PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KABUPATEN DEMAK SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR
Nur Cahya Anggita Maharani, 4401418001 (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KABUPATEN DEMAK SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis keanekaragaman hayati di Kabupaten Demak, menganalisis kelayakan dan keterbacaan, serta mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik saat menggunakan suplemen bahan ajar berupa booklet keanekaragaman hayati di Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Demak pada semester gasal 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD), untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif menggunakan One-Group-Pretest-Posttest-Design, sedangkan untuk menganalisis hasil belajar psikomotorik dan afektif menggunakan One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas X-10 yang diambil dengan teknik purposive sampling untuk mengambil data uji keterbacaan, sedangkan peserta didik kelas X-8 merupakan subjek untuk memperoleh data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan keanekaragaman tingkat gen ditemukan pada varietas jambu air atau Syzygium aqueum (Burm. f.) Alston dan belimbing atau Averrhoa carambola L., keanekaragaman jenis mangrove ditemukan 20 jenis mangrove, serta keanekaragaman tingkat ekosistem terdapat 9 macam. Kelayakan booklet dari ahli materi sebesar 83,33%, ahli media sebesar 85,42%, dan dari guru biologi sebesar 88,88%, berdasarkan penilaian ketiga validator diperoleh kategori “sangat layak”. Uji keterbacaan dari peserta didik diperoleh hasil sebesar 98,21% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh sebesar 100% peserta didik tuntas memenuhi KKM dan berdasarkan uji N-gain persentase peserta didik yang memperoleh kriteria “sedang hingga tinggi” sebesar 94,44%. Kemampuan pada ranah psikomotorik didapatkan melalui kegiatan eksplorasi yang mana diperoleh persentase sebesar 88,89% peserta didik mendapatkan nilai dengan predikat “baik hingga sangat baik” dan 11,11% peserta didik memperoleh nilai dengan predikat “cukup”. Hasil belajar ranah afektif didapatkan melalui pengisian angket penilaian sikap konservasi oleh peserta didik yang mana diperoleh persentase sebesar 36,11% peserta didik mendapatkan nilai dengan predikat “baik hingga sangat baik”, 47,22% peserta didik memperoleh nilai dengan predikat “cukup”, dan 16,67% peserta didik memperoleh nilai dengan predikat “kurang”. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan booklet keanekaragaman hayati di Kabupaten Demak yang digunakan sebagai suplemen bahan ajar terbukti layak digunakan, keterbacaan sangat baik, serta efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA pada materi keanekaragaman hayati
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | booklet, keanekaragaman hayati, Kabupaten Demak, suplemen bahan ajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:38 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61089 |
Actions (login required)
View Item |